Cara Investasi Properti Menguntungkan di Kampung Halaman

Cara Investasi Properti Menguntungkan di Kampung Halaman

Perkotaan adalah kawasan yang cocok untuk bisnis properti. Namun, bukan berarti di kawasan pedesaan investasi properti tidak menguntungkan.

Investasi properti di kampung halaman lebih menarik juga harus dilirik, mungkin bisa sebagai rumah kedua untuk persiapan masa tua, anda bisa sewakan, atau sebagai investasi untuk dijual kembali.

Ya, investasi sekarang ini memang banyak sekali jenisnya. Sebagai contoh investasi emas, saham atau reksadana, dan lain sebagainya. Tapi tunggu dulu, dari sekian banyak macam – macam investasi, properti lebih menjanjikan.

Keuntungan Investasi Properti di Kampung

Persentasi potensi keuntungannya lebih besar dengan risiko relatif kecil. Nah, jika sebelumnya tujuan Anda mudik atau pulang ke kampung halaman lebih sebagai ajang silaturahmi sekaligus melepas kangen ke orangtua, saudara, atau kerabat, maka kali ini cobalah sambil melirik peluang jenis investasi properti memulainya dengan membeli tanah, ruko, rumah dan juga apartemen.

Cara Investasi Properti Menguntungkan di Kampung Halaman

Cara Investasi Properti di Kampung Halaman

Agar bisnis properti di kampung halaman tetap potensial, berikut akan kami jelaskan cara investasi properti yang tepat di kawasan tersebut.

1. Cari Daerah yang Potensial

Di kampung halaman Anda, pasti ada sebuah kawasan yang terbilang potensial. Untuk menilai potensi sebuah kawasan, pada dasarnya tidak memerlukan keahlian khusus. Artinya , caranya tergolong cukup mudah.

Contohnya, carilah kawasan yang sering dilalui banyak orang, untuk properti bisnis. Contoh lain, pilih kawasan yang dekat dengan fasilitas publik untuk sebuah tempat tinggal.

2. Cek Lokasi dan Lakukan Perbandingan Harga

Setelah menemukan daerah yang cocok, kemudian cek lokasinya. Pilih lokasi unit yang tepat. Jangan lupa juga untuk melakukan perbandingan harga. Tujuan perbandingan harga adalah, agar unit yang dibeli tidak terlalu mahal dari unit yang lain.

Lakukan survei secara jeli dan mendetail. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas terkait unit yang akan dibeli. Contohnya, survei jarak dari lokasi ke fasilitas-fasilitas seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

3. Pertimbangkan Biaya Pemeliharaan

Harga properti cenderung naik setiap tahunnya. Namun, Anda juga harus memperhatikan biaya pemeliharaannya juga. Misalnya, unit yang dibeli berupa perumahan yang memerlukan biaya kebersihan, hingga biaya keamanan.

Untuk menyiasatinya, buatlah aset Anda tersebut menjadi produktif. Caranya adalah dengan menyewakannya untuk meringankan beban biaya pemeliharaan. Bisa juga ditawarkan sebagai kamar kos.

4. Timing Membeli yang Tepat

Saat ini, unit perumahan sudah dibangun hingga ke daerah-daerah pedesaan. Unit tersebut bisa Anda bidik sebagai instrumen investasi di kampung halaman. Nah, agar unit bisa dibeli dengan harga yang rendah, manfaatkanlah waktu-waktu tertentu.

Waktu-waktu tertentu yang dimaksud yaitu pada masa promosi dilakukan. Misalnya momen setelah lebaran, di mana banyak sekali provider properti yang menawarkan harga promosi.

Tidak perlu ragu bagi yang ingin berbisnis properti. MelaluiĀ cara investasi properti menguntungkan di kampung halaman, Anda bisa mewujudkannya dengan risiko yang rendah, dan potensi keuntungan yang tinggi. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda, khususnya bagi yang berencana untuk berinvestasi.

Pos terkait

Cara Investasi Properti Rumah Menguntungkan untuk Pemula

Sebagai investor properti yang baru bisa dibilang masih pemula, tentu saja kamu akan banyak menaruh...

Lanjutkan membaca

Cara Investasi Properti, Keuntungan, dan Kelebihannya

Investasi dalam bidang properti sekarang ini semakin menggiurkan saja. Selain dari sisi...

Lanjutkan membaca
share properti indonesia
marketing property star